Senin, 21 Maret 2016

Kelas #akber113 Desain Interior with Dhian Lestari Hastuti



Hallo akberians!!
Pada hari Selasa, 8 Maret 2016 Akber Solo mengadakan kelas yg ke-113 bertemakan “Desain Interior”. Pembicara kelas kita kali ini adalah  Dhian Lestari Hastuti yang kerap disapa Mbak Dhian. Selain menjadi seorang praktisi di bidang desain interior, beliau juga mengajar di Institut Seni Indonesia Surakarta. Berikut review mengenai kelas Desain Interior :
Interior desain berbeda dengan dekorasi, karena dekorasi merupakan bagian dari interior desain. Dalam desain interior diperlukan sebuah konsep. Biasanya interior desain diperlukan pada saat bangunan belum dibangun, yang nantinya dapat berkolaborasi atau berkerjasama dengan arsitektur dan tukang bangunan tersebut.
Element dari desain Interior terdiri dari lantai, dinding, dan celling. Desain interior biasanya identik dengan bagaimana seseorang memiliki pola pikir/identitas, sehingga setiap peletakan dekorasi/tata letak ruang memiliki alasan. Dalam desain interior harus memperhatikan karakteristik orang/penggunanya. Segala aspek kegiatan di dalam ruangan akan mempengaruhi tata letak ruangan tersebut, nah seorang interior desain biasanya dilibatkan dalam pembuatan denah ruangan.
Interior desain mengarah pada psikologi ruang, contohnya pemilihan warna. Seperti yang kita ketahui warna-warna tersebut memiliki arti dan makna tersendiri, warna ruang akan memiliki efek yang berbeda, itulah yang disebut psikologi ruangan. Furniture atau hiasan dinding juga diperlukan dalam dekorasi, karena akan memberikan kesan/pengalaman yang berbeda pada orang. Interior desain dibuat agar nyaman, aman, dan mempermudah. Maksudnya mempermudah yaitu ketika terjadi bencana (gempa, kebakaran) orang yang ada di dalam ruangan tersebut dapat mudah menyelamatkan diri. Oleh karena itu seorang interior desain harus mempunyai kemampuan spesial (kemampuan ruang).

Foto bersama setelah selesai kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar